Jumat, 11 Mei 2012

Nasionalisme Generasi Muda Sekarang Lebih Simpel!


Beberapa waktu menjelang hari kemerdekaan Indonesia yang ke-66 ini, lagi banyak bermunculan berbagai tulisan mengenai nasionalisme generasi muda sekarang ini. Ada yang bilang kalau rasa nasionalisme mereka mulai turun, tidak peduli, atau ada yang mengatakan hanya saling mementingkan kepentingan diri sendiri. Memangnya apa benar kalau generasi muda sekarang ini seperti itu?
Sekedar ingin menuangkan pemikiran saya pribadi mengenai cara pandang saya terhadap nasionalisme generasi muda yang ada sekarang ini, bahwa mungkin kita melihat para generasi muda sekarang ini memang tidak begitu peduli dengan lingkungan di negeri sendiri, tapi setelah saya periksa lebih dalam ternyata tidak semua generasi muda itu rasa nasionalismenya turun!
Karena perkembangan era globalisasi yang begitu cepat sekarang ini mungkin membuat kita jadi lebih terlena dengan diri sendiri, tapi dibalik itu ternyata ada juga rasa nasionalisme generasi muda yang tidak begitu kelihatan, karena memang efek dari perkembangan era globalisasi ini yang menutupinya, tapi rasa nasionalisme mereka masih ada koq.
Meski tidak terlalu besar pengaruhnya terhadap masa depan lingkungan di negeri ini, tapi paling tidak generasi muda sekarang ini memang masih ada yang memiliki rasa nasionalisme. Seperti misalnya kalau ada pertandingan bola antara para punggawa lapangan Indonesia melawan punggawa lapangan dari negara lain, bukan kah ada banyak sekali pendukungnya yang sampai rela berdesak-desakan untuk membeli tiket masuk ke stadion?
Meski saya tidak tahu secara pasti berapa jumlah warga negara Indonesia yang benar-benar mendukung Indonesia, tapi itu sudah cukup membuktikan kalau rasa nasionalisme generasi muda memang benar-benar ada. Kalau dibandingkan pada saat zaman penjajahan, tentu saja akan sangat berbeda jauh tingkat nasionalisme generasi muda sekarang ini, karena memang generasi muda sekarang ini lebih suka yang simpel atau sederhana.
Suatu rasa nasionalisme generasi muda tidak harus diidentikkan dengan berbagai perjuangan yang secara terang-terangan untuk ikut serta mengembangkan pembangunan negara. Masih ada berbagai cara sederhana lainnya yang bisa kita lakukan dalam meningkatkan rasa nasionalisme kita terhadap negeri yang kita cintai.
Nasionalisme generasi muda dalam ikut serta mengembangkan negeri sendiri, mungkin kita tidak bisa melihatnya secara langsung, karena memang biasanya generasi muda yang terlihat sebagai seorang yang ikut serta dalam pengembangan bangsa adalah mereka yang paling menonjol.
Bukan kah kita tahu sendiri kalau penduduk di Indonesia sekarang ini bukan main banyaknya? Sedangkan pihak yang mengumandangkan para generasi muda yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi tidak sebanding dengan jumlah penduduk di negeri ini, jadi hanya mereka-mereka yang menonjol saja yang akan terlihat sebagai generasi muda yang memiliki rasa nasionalisme tinggi. Sehingga mungkin ada banyak sekali pihak yang menganggap kalau nasionalisme generasi muda sekarang mulai menurun.
Tapi menurut saya pribadi, ada satu cara terbaik untuk mengetahui apakah nasionalisme generasi muda sekarang ini mengalami penurunan atau tidak, yaitu dengan cara menilai seberapa besar rasa nasionalisme kita sendiri. Kalau memang kita sendiri saja belum bisa menjadi warga yang bernasionalis, itu berarti memang ada penurunan rasa nasionalisme. Bukan kah begitu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar