Rabu, 09 Mei 2012

Buku Ensiklopedia NU Bakal Dirilis Juni

AMBON, STANDARD berita.com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) sedang menyiapkan buku ensiklopedia yang menceritakan perjalanan panjang organisasi Islam terbesar di Indonesia tersebut. Buku itu diharapkan menjadi referensi terlengkap tentang NU masa lalu hingga sekarang.
“Sebagai sebuah ormas Islam terbesar di seluruh dunia, jumlah warga NU diperkirakan mencapai lebih dari 70 juta orang, maka sudah selayaknya Nahdlatul Ulama dicatat dan didokumentasikan dalam sebuah Ensiklopedi,” kata ketua umum PB NU Said Aqiel Sirajd dalam siaran persnya yang diterima Selasa (5/4).
Menurut Said Agiel Siradj, ensiklopedia NU ditujukan untuk merangkum pengetahuan, mendorong minat kajian, dan pengembangan NU.
“Penerbitan ensiklopedi ini saya rasa akan bisa menjadi monumen pengetahuan dan “babad” kontemporer yang merekam sejarah, tokoh, dan khasanah pesantren secara obyektif, akurat, dan komprehensif. Diharapkan juga ensiklopedia ini bisa menjadi referensi terlengkap bagi organisasi ini,” katanya.
Sementara itu, ketua PBNU M Imam Azis yang menjadi salah satu pemrakarsa penerbitan, mengatakan buku berjudul “Ensiklopedia Nahdlatul Ulama: Sejarah, Tokoh, dan Khasanah Pesantren” ini akan diluncurkan pada pertengahan Juni.
“Peluncurannya akan dilakukan pada saat peringatan harlah Nahdlatul Ulama,” katanya.
Imam Azis menekankan ensiklopedia itu menjadi proyek monumental yang akan tercatat sepanjang sejarah NU.
“Sudah lama kami ingin menerbitkan karya ini, tapi kami selalu terkendala masalah pendanaan yang cukup besar,” ujarnya. Kendala itu, lanjutnya, terkait kegiatan riset teks dan foto yang banyak dilakukan di Belanda, Prancis, dan Jepang. Data tentang NU masa lampau itu banyak berserakan dan tercecer di luar negeri sehingga harus dilakukan riset dan penulisannya menghabiskan waktu hampir 1,5 tahun. (ant/q4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar